Monday, July 11, 2011

Potensi Alam Pedukuhan Blumbang


Pedukuhan Blumbang kaya akan sumber daya alam. Dari letak geografis Pedukuhan Blumbang berada pada ketinggian 500 m dpl. Ini memberikan keuntungan tersendiri bagi masyakarat Blumbang di bidang agraris. Tak heran jika pedukuhan ini merupakan salah satu kawasan Agropolitan di Kabupaten Kulonprogo. Ada tiga macam potensi alam yang dimiliki pedukuhan ini yaitu, potensi pertanian dan perkebunan.

Dari sektor pertanian, Pedukuhan Blumbang memiliki jenis tanah yang sangat subur sehingga cocok untuk ditanami tanaman seperti padi dan palawija (kacang-kacangan, singkong, jagung dan lain-lain). Hasil dari alam di sektor pertanian ini menjadi sumber utama pendapatan masyarakat yang ada disini. 

Dalam bidang perkebunan, komposisi dan struktur tanah pedukuhan ini juga cocok untuk ditanami tanaman cabai, pisang, alpukat serta rambutan. Hasil buah dari banyak pohon-pohon tersebut selain dikonsumsi sendiri sebagian besar juga dipasarkan untuk menambah penghasilan masyarakat Blumbang.

Tanah di pedukuhan ini juga cocok ditanami tanaman keras seperti jati dan mahoni. Pada tahun 2000-2001 dimulai Gerakan Nasional – Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GN-RHL) dengan menanam 11.000 pohon dengan 9 jenis yang berbeda


No comments:

Post a Comment