Sunday, July 10, 2011

Profil Pedukuhan Sorotanon

Sorotanon adalah sebuah pedukuhan yang terletak di Pebukitan Menoreh dengan elevasi hingga 500 m dpl. Sorotanon termasuk salah satu  pedukuhan di Desa Banjararum, kecamatan Kalibawang di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Sorotanon merupakan salah satu kawasan Agropolitan di Kabupaten Kulonprogo.

Pedukuhan Sorotatan terdiri dari 76 kepala keluarga. Dengan mayoritas beragama Katolik dan yang beragama Islam ± 2 kepala keluarga. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Pedukuhan Blumbang adalah bertani. 


Pedukuhan Sorotanon terletak di bagian timur Pedukuhan Puser, di sebelah selatan Pedukuhan Sumbersari, disebelah barat kawasan persawahan penduduk dan di sebelah utara Pedukuhan Blumbang.

Salah satu produk unggulan yang dikelola oleh kelompok tani P3A Ngudirejo di  Pedukuhan Sorotanon selain padi dan palawija adalah Jendal (ketela pohon) dan aneka pengolahanya. Ada beberapa lokasi kunjungan di Pedukuhan Sorotanon diantaranya Gunung Kelir dan persawahan sebagai kawasan argopolitan Desa Banjararum.


Potensi  yang dimiliki oleh pedukuhan Sorotanon
1.       Kakao
Desa banjar arum memang terkenal dengan potensi kakaonya. Pada dusun sorotanan juga banyak ditemui kebun-kebun dengan tanaman kakao. Namun pada umumnya masyarakat tidak terlalu mengharapkan hasil dari pohon kakao itu sendiri. Biasanya mereka hanya memanen dan kemudian menjemur, setelah kering langsung dijual ke tengkulak. Hambatan yang dimiliki dusun tersebut ialah banyaknya hama pada tanaman kakao, serta kualitas buah kakao sendiri keras dan susah untuk mengeluarkan bijinya.
2.       Pisang
Kebun-kebun kosong milik warga juga ditanami pohon pisang, sebagian besar memang karena perkembang-biakan dari pohon pisang tersebut cepat. Namun warga masih menghadapi kendala dengan hama tanaman. Sehingga mengakibatkan pohon pisang tersebut jarang berbuah, kalaupun berbuah, hasilnya kurang memuaskan.
3.       Padi
Hampir 90% warga bekerja pada lahan pertanian, baik petani penggarap ataupun buruh tani. Hasil utama dari dusun ini adalah pertanian. Dengan irigasi yang sudah cukup baik, hasil pertanian berupa padi bisa menjadi andalan.
4.       Singkong
Tidak banyak ditemukan adanya tanaman singkong. Hal ini dikarenaka kebun-kebun dan lahan kosong lebih banyak ditanami dengan kakao atao pohon-pohon besar lainnya.
5.       Kelapa
Kelapa bukan merupakan tanaman yang ditanam secara sengaja untuk diambil buahnya. Kebanyakan kelapa tumbuh tanpa disengaja, sehingga hasilnya tidak dijual atau diolah lebih lanjut.
6.       Hewan ternak
Hampir setiap keluarga memiliki hewan ternak. Namun tidak ada warga yang secara khusus bergantung pada hasil peternakan. Masyarakat menganggap hewan ternak, khususnya sapi sebagai tabungan.

Program kesehatan yang ada di pedukuhan ini adalah Pelayanan Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Kalibawang setiap sabtu kedua setiap bulannya. Fasilitas pendidikan seperti sekolah hanya ada di pedukuhan tetangga, yaitu di Blumbang dan Boro. Fasilitas ibadah yang ada di pedukuhan ini meliputi 1 mesjid di pedukuhan tetengga (Blumbang) dan 1 gereja Katolik (Boro).

2 comments: