Sunday, July 10, 2011

Profil Pedukuhan Blumbang

Blumbang adalah sebuah pedukuhan yang terletak di Pebukitan Menoreh dengan elevasi hingga 500 m dpl. Blumbang termasuk salah satu  pedukuhan di Desa Banjararum, kecamatan Kalibawang di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Blumbang merupakan salah satu kawasan Agropolitan di Kabupaten Kulonprogo. 

Pedukuhan Blumbang memiliki luas sekitar 43 hektar, berpenduduk 268 jiwa terdiri dari 165 pria dan 203 wanita. Kepercayaan yang dianut oleh penduduk di Pedukuhan Blumbang adalah Islam (70%) dan Katolik (30%). di Pedukuhan Blumbang sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah bertani.

Pedukuhan Blumbang terletak di bagian timur Pedukuhan Puser, di sebelah selatan Pedukuhan Sorotanon, disebelah barat Pedukuhan Ngipikrejo 2 dan di sebelah utara Pedukuhan Kedungrong.

Salah satu produk unggulan yang dikelola oleh kelompok tani Maju Jaya di Pedukuhan Blumbang selain padi dan palawija adalah Jendal (ketela pohon) dan aneka pengolahanya. Pada tahun 2000-2001 dimulai Gerakan Nasional – Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GN-RHL) dengan menanam 11.000 pohon dengan 9 jenis yang berbeda. Namun karena musim kemarau yang berkepanjangan banyak pepohonan yang tidak dapat bertahan hidup lama. Tanaman yang cocok di pedukuhan ini adalah jenis tanaman keras seperti jati dan mahoni.

Ada beberapa lokasi kunjungan di Pedukuhan Blumbang diantaranya Goa Rejo dan persawahan sebagai kawasan argopolitan Desa Banjararum.

1 comment:

  1. to admin

    ni kami dri ormaz remaja blumbang....
    mengucapkan byk terima kasih kpda anda ygtlahmenjual nama desa kmi tercinta,,,,
    boleh kah kami mengenal anda?

    agar kami dapat menambahkan potensi alam kami..
    sblumnya terima kasih..

    ReplyDelete