Monday, July 11, 2011

Potensi Alam Pedukuhan Puser

Pedukuhan Puser kaya akan sumber daya alam. Dari letak geografis Pedukuhan Puser berada di ketinggian 522 m dpl. Ini memberikan keuntungan tersendiri bagi masyakarat di bidang agraris. Ada 3 macam potensi alam yang dimiliki pedukuhan ini yaitu, potensi pertanian dan perkebunan serta perhutanan. 

Dari segi pertanian, Pedukuhan Puser memiliki jenis tanah kering yang subur sehingga cocok untuk ditanami tanaman palawija seperti kacang-kacangan, singkong, jagung dan lain-lain. 

Dalam bidang perkebunan, komposisi dan struktur tanah pedukuhan ini cocok untuk ditanami tanaman berdahan besar dan berumur panjang seperti kakau dan kelapa. Hasil buah dari banyak pohon kelapa di pedukuhan ini biasanya dijual untuk menambah penghasilan masyarakat Puser ataupun untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat sehari-hari.


Dari sektor kehutanan, tanah di Pedukuhan Puser berpostensi sangat baik untuk ditanami tanaman-tanaman keras seperti pohon jati dan mahoni. Hasil dari sektor kehutanan seperti kayu jati dan mahoni biasanya digunakan sendiri untuk pembangunan fasilitas rumah dan perabotnya. 

Hasil dari sektor kehutanan juga bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat Pedukuhan Puser dengan dijual di pasar yang membutuhkan.

No comments:

Post a Comment